Rabu, 24 Oktober 2012

Topi Ilusi


Ini adalah topi pertama yang aku buat, aku membuatnya hampir 2 tahun yang lalu saat usia Binar belum genap 6 bulan. Pola yang aku gunakan berasal dari buku karya Tata Pang yang judulnya "Kreasi Rajutan untuk Bayi". Benang yang aku gunakan seperti biasa, benang katun lokal dan untuk topi ini menggunakan dua jenis benang, yaitu benang polos dan sembur. Waktu yang  diperlukan untuk membuat topi ini untuk pertama kalinya hampir 2 hari, namun untuk pembuatan kedua dan seterusnya ternyata hanya perlu waktu tidak lebih dari setengah hari. Keunikan dari topi ini adalah pola pada warna sembur, oleh Tata Pang tusukan ini disebut dengan tusukan ilusi dengan menggunakan perpaduan 2 benang ( tapi pada topi ini aku hanya menggunakan 1 benang ).

Aku kasih bocoran polanya deh, tapi kalau mau tahu pola rajutan untuk bayi yang simpel dan mudah dibuat serta petunjuk yang lebih jelas beli aja bukunya yak, harganya murah kok ngga sampe 40 ribu :)

Topi Ilusi
Topi ini dibuat menggunakan teknik ilusi dengan dua warna benang tanpa perlu memutuskan benang di setiap baris.

Bahan

  1. Benang katun sembur (A)
  2. Benang katun polos merah muda (B)
  3. Benang katun polos putih (C)
  4. Jarum nomor 4/0
Ukuran:
Diameter: 44 cm

Keterangan: 
  • ch = tusuk rantai
  • sl st = tusuk selip
  • dc = tusuk ganda
  • 2 dc inc = 2 tusuk ganda pada st yang sama
  • sc = tusuk tunggal

Cara Membuat:
  1. Mulailah dnegan ch 5, sambung dengan sl st pada ch 1 untuk membentuk lingkaran.
  2. Baris 1: ch 3, 15 dc pada lubang, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama (16 dc).
  3. Baris 2: ch 3, dc pada st yang sama, 2 dc inc berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama (32 dc).
  4. Baris 3: ch 3, dc pada st yang sama, *  dc, 2 dc inc* ulangi  dari * ke * berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama (48 dc).
  5. Baris 4: ch 3, dc pada st yang sama, * 2 dc, 2 dc inc *, ulangi dari * ke * berkeliling, sambung dnegan sl st pada ch 3 pertama (64 dc).
  6. Baris 5: ch 3, dc pada setiap st berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama (64 dc).
  7. baris 6: ch 3, 2 dc, * 2 dc inc, 3 dc *, ulangi dari * ke * berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama (80 dc).
  8. Baris 7: ch 3, 3 dc, * 2 dc inc, 4 dc *, ulangi dari * ke * berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama (96 dc).  Untuk nomor 9-14 merupaakan tusukan ilusi (selang-seling, dua warna).
  9. Baris 8: mulai dengan benang merah muda di mana saja: ch 4, sk, dc, * ch 1, sk, dc *, ulangi dari * ke * berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama.
  10. Lanjutkan dengan benang sembur, mulai di salah satu sk: ch 4, dc tusuk dari sebelah depan, * ch 1, sk, dc dari sebelah belakang, ch 1, sk dari sebelah depan *, ulangi dari * ke * berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama ( dc pada benang sembur dilakukan di tusukan yang masih kosong atau sk ).
  11. Baris 9-11: sama dengan baris 8.
  12. Baris 12-h: ilusi dilakukan dengan perpaduan benang putih dan benang sembur. Lakukan seperti baris 8.
  13. Baris 16, guanakn benang merah muda: ch 1, sc pada setiap st yang sama, sc pada setiap st berkeliling, sambung dengan sl st pada chain 3 pertama. Tusukan sc langsung  menembus benang putih  dan sembur pada baris ke 15.
  14. baris 17: ch 1, sc pada st yang sama, sc pada setiap st berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama. Nomor 15-17 merupakan renda topi, nomor 15 & 16 menggunakan benang sembur, dan nomor 17 menggunakan benang putih.
  15. Baris 1:  ch 3, 2 dc inc pada setiap st berkeliling, sambung dnegan sl st pada chain 3 pertama.
  16. Baris 2: ch 3, dc pada st yang sama, * dc, 2 dc inc *, ulangi dari * ke * berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama. Matikan benang.
  17. Baris 3: ch 1, sc pada st yang sama, sc pada setiap st berkeliling, sambung dengan sl st pada ch 3 pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar